Musrenbangdes Penetapan RKPDes Desa Koto Tuo Tahun 2023

  • Jan 17, 2023
  • NOVI HENDRA PRAMANA

Pemerintah Desa Koto Tuo telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa lebih cepat dibanding dengan desa yang lain, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat Musrenbangdes ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 16 Januari 2023 bertempat di Aula Kantor Desa Koto Tuo.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Turut hadir dalam musyawarah, Camat Tanah Kampung beserta Staf, seluruh perangkat desa, BPD, Lembaga Adat, Ketua RT, Pendamping Desa, Guru PAUD, dan Tokoh Masyarakat.

Musrenbangdes ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun 2023. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa (DD), dan Bantuan Provinsi.

Maksud dan tujuan dari Musrenbangdes sendiri adalah dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbangdes adalah Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun 2023.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan penandatangan Berita Acara Hasil Musrenbangdes, perwakilan peserta dilanjutkan Ketua BPD dan Kepala Desa.